Intip Keseruan Field Trip di Wensen School Indonesia

Field trip merupakan kegiatan keluar dari lingkungan sekolah selama satu hari atau lebih. Tujuan utama dari diadakannya kegiatan ini sebenarnya untuk menghindari murid dari rasa bosan belajar di kelas dan mengajak murid untuk refreshing sejenak dari kegiatan sekolah.

Field trip tidak hanya sekedar bersenang-senang, tetapi juga ingin memberikan pelajaran dan pengalaman yang menyenangkan. Mengapa sekolah perlu mengadakan field trip? Karena memori manusia, terutama mereka yang masih sekolah, berdasarkan apa yang mereka saksikan dan lihat secara langsung, bukan berdasarkan apa yang mereka dengar saja.

Kegiatan field trip ini bukan hanya sekedar kegiatan dimana anak hanya asyik bermain diluar lingkungan sekolah, tetapi anak tetap bisa diajak untuk belajar.

Dokumentasi kegiatan Taman Wisata Lebah, Cibubur.

"Kenapa field trip ke Taman Wisata Lebah, yang pertama jaraknya dekat dengan sekolah, jadi orangtua tidak terlalu repot mengantar. Ini juga jadi pengalaman menarik, tidak hanya anak- anak tapi buat guru-guru di Wensen School Indonesia," terang Ibu Tata. 

Bahagia terpancar jelas dari wajah anak-anak PAUD Wensen School Indonesia.

"Anak juga keliatan happy, terutama anak-anak selama pandemi tidak keluar rumah. Kadang kalau offline beberapa ketemunya hanya di sekolah sekolah aja. palagi ke tempat wisata lebah ini, mutis dapat edukasi tentang lebah dan guru di Wensen School Indonesia juga belajar dan jadi tau juga. Ternyata lebah berbagai macam jenis ternyata kalau kita lihat tidak mengganggu lebah kita tidak disengat. Anak-anak jadi lebih mandiri dan berani selama field trip ini," ujar Tenaga Pengajar Wensen School Indonesia, Bu Icha pada kesempatan yang sama.

Salah satu orangtua murid dari Wensen School Indonesia yang juga Anggota DPR Komisi VII, Dian Catur merasa senang dengan diadakannya acara seperti ini.

"Anak-anak kan biasanya di rumah, suka dikasih madu. Jadi, kalau diajak ke sini tahu langsung seperti apa lebah, selain dilihatin filmnya dilihatin real hewannya, bagaimana hewan menghasilkan madu. Bahkan anak bisa memiliki memori kalau pernah diajak ke Taman Wisata Lebah.,” kata Dian.


Dokumentasi kegiatan field trip murid Wensen School Indonesia.

“Di sini (Taman Wisata Lebah) madu yang dihasilkan seperti ini, hewannya seperti ini jadi bersemangat dan edukatif, tour guidenya ramah, bersih, anak-anak menikmati bermain disini," ucap Dian.

Source : Akurat.co