Kebersihan Tubuh Anak untuk Mencegah Penyakit Menular

“Setiap orang tua perlu tahu cara efektif mencegah penyakit menular pada anak, salah satunya dengan rutin menjaga kebersihan tangan. Pastikan anak rutin mencuci tangan setelah melakukan aktivitas, terutama di luar ruangan atau dari toilet."

Halodoc, Jakarta – Tubuh anak rentan terserang berbagai penyakit, termasuk juga penyakit menular. Untuk itu, setiap orang tua harus selalu waspada dalam mencegah penyakit menular pada anak agar tetap sehat.

Nah, cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit menular pada anak, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tubuh anak.

Cara Mencegah Penyakit Menular pada Anak

Penyakit menular adalah gangguan yang disebabkan oleh infeksi dari virus, bakteri, jamur, hingga parasit. Gangguan ini dapat menular dari satu orang ke orang lainnya. Hal ini rentan terjadi pada anak-anak karena sistem imunitas yang belum maksimal. Selain itu, kontak langsung dengan orang yang sakit terbilang tinggi.

Salah satu gangguan yang sedang marak terjadi pada anak adalah flu Singapura.Adapun, penyakit yang disebutkan barusan menimbulkan tanda berupa lepuhan atau luka pada mulut serta ruam di tangan dan kaki. Terkadang luka-luka tersebut juga muncul di siku tangan, bokong, lutut, dan lipat paha. 

Pencegahan flu Singapura penting dilakukan agar anak tidak terserang penyakit ini. Jika dibiarkan, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi. Salah satu komplikasi yang paling umum terjadi adalah dehidrasi. Jika tidak mendapatkan penanganan dalam waktu yang lama, bisa jadi komplikasi yang lebih parah bisa terjadi, seperti meningitis virus dan radang otak.

Memang, gangguan yang disebabkan oleh infeksi, termasuk flu Singapura, termasuk rentan terjadi pada anak. Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau mikroorganisme di bawah kulit, atau masuk melalui luka ringan. Penting menerapkan cara mencegah penyakit menular pada anak ini.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Rutin menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan secara teratur.
  • Melindungi kulit dengan penggunaan sabun tubuh yang memproteksi dari sesuatu yang mengganggu kulit.
  • Selalu menjaga kebersihan di lingkungan rumah dan tempat beraktivitas lainnya.
  • Hindari kontak dengan seseorang yang terserang penyakit menular, termasuk infeksi kulit.

Setiap orang tua perlu menerapkan semua cara pencegahan ini agar risiko terserang penyakit menular bisa dihindari. Memang, penyakit flu Singapura yang disebabkan oleh enterovirus ini rentan menyerang anak berusia di bawah 10 tahun.

Untuk itu, perlindungan yang maksimal memang perlu dilakukan agar risiko terserang penyakit ini bisa diminimalisir.

Pemilihan sabun mandi bisa menjadi salah satu perlindungan kesehatan anak terkait pencegahan penyakit menular. Agar anak tidak mudah terserang penyakit gunakan sabun Lifebuoy Antibacterial Bodywash Total 10. 

Sabun ini ampuh untuk memberikan perlindungan 99,9% dari kuman penyebab penyakit. Produk ini dapat memberikan perlindungan 10 kali lebih kuat sehingga risiko terserang penyakit lebih rendah. 

Kandungan Active Silver+ formulanya ampuh untuk menjaga imunitas kulit dan melawan kuman. Selain itu, busanya yang lembut mampu menyerap hingga ke pori-pori dan membersihkan secara mendalam.

Rasa khawatir untuk terserang kuman penyebab penyakit bisa menghilang dengan penggunaan produk ini. Anak terbebas dari kuman sehingga dapat beraktivitas sepanjang hari tanpa takut tertular penyakit.

 

Referensi:

Wisconsin Department of Health Services. Diakses pada 2022. Skin Infections: Prevention and Disinfection.
Memorial Care. Diakses pada 2022. Common Skin infections and How to Prevent Them.
Lifebuoy. Diakses pada 2022. Sabun Cair Pouch Anti Bakteri Total 10.