INI DIA CARA MENGAJARI ANAK JUJUR SEJAK USIA DINI

1. Menghargai kejujuran

Sebagai orang tua, kita sering kali terlalu cepat memarahi anak bahkan ketika si kecil telah jujur mengakui kesalahannya. Alih-alih membiasakan hal ini, coba untuk mulai menghargai kejujuran dengan pujian dan pelukan. Dengan melakukan hal ini secara rutin, anak akan dapat mengembangkan rasa percaya diri dan memperkuat perilaku positifnya.

2. Ajarkan anak untuk berbicara jujur

Ajari anak untuk tidak memberikan pujian palsu. Jika memang tidak merasa memiliki padanan kata yang baik untuk diucapkan, maka lebih baik untuk tidak mengatakan apa pun. Ajarkan kebiasaan ini untuk membiasakan perilaku jujur pada si kecil.

3. Dorong anak untuk mengatakan hal pahit

Mempertahankan moral akan lebih penting ketimbang menghindari menyakiti perasaan seseorang yang tidak pada tempatnya. Ajarkan pada anak bahwa kesalahan akan selalu menjadi sebuah kesalahan. Misalnya, sahabat si anak menyontek saat ujian dan anak Anda mengetahui hal ini. Ajarkan anak untuk pergi ke temannya dan menasehatinya untuk tidak menyontek, karena perilaku ini telah menipu orang-orang yang telah belajar dengan jujur. Jika si teman menolak, maka anak Anda harus memberi tahu guru mereka apa yang sedang terjadi.

4. Jadilah panutan dalam kejujuran

Anda sebagai orang tua adalah panutan. Hiduplah dengan kebenaran. Jika anak-anak Anda memergoki Anda sedang berbohong, bahkan kebohongan yang "tidak berbahaya", mereka akan merasa bahwa berbohong adalah hal yang dibolehkan. Bahayanya adalah, memiliki kebiasaan berbohong kecil, akan membawa kita pada kebiasaan berbohong dalam skala yang lebih besar.

5. Konsisten

Kita semua membuat kesalahan. Anak-anak bahkan lebih sering lagi melakukannya. Mereka mungkin akan berbohong pada orang tua mereka dan akhirnya, Anda sebagai orang tua menemukan fakta tersebut. Ketika hal ini terjadi, hal terpenting yang perlu diingat adalah konsekuensi atas tindakan mereka. Selain itu, disiplin yang tepat juga harus ditegakkan secara konsisten.

6. Menepati janji

Jika Anda ingin si kecil mempercayai Anda, maka tepati janji. Ajari anak untuk menjadi orang yang menghargai kata-katanya sendiri. Cara terbaik untuk mengajarkannya adalah dengan memodelkan ini dan mempratikkannya pada diri Anda sendiri.

7. Pantau perkembangan bahasa anak

Kemampuan bahasa dan berbicara jadi salah satu kunci variabel penting dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada anak. Itulah mengapa, ketika mereka sudah fasih dalam komunikasi bahasa ibu, Anda bisa memulai untuk memperkenalkan bahasa asing. 

SUMBER : https://www.lingoace.com/id/artikel/parenting/7-cara-mendidik-anak-agar-jujur-dari-kecil/